Irma Deistya Pecinta kucing yang dulunya takut kucing, Kemudian mulai memberanikan diri dan akhirnya jatuh cinta terlalu dalam ke dunia perkucingan

Kucing Munchkin

Kucing Munchkin

Hello guys, ketemu lagi sama aku hehehehe semoga kamu nggak bosen yaah.. Karena kali ini aku akan bahas secara lengkap kap kap tentang si mungil nan manis yang satu ini.. Dijamin kamu nggak akan bosen deh pokoknya.

Pasti kamu yang pecinta kucing udah tahu lah yaa, siapa sih yang akan kita bahas, yuuppp betullll genks kita akan membahas si kucing Munchkin.

Ketika orang-orang lebih tertarik dengan merk fashion ternama, kamu malah lebih tertarik untuk memelihara hewan yang bisa menemani kamu.

Apapun penampilan kucing kamu, kurus maupun gemuk, kecil maupun fluffy, kamu tetap bisa menemukan hewan yang bisa membuat kamu jatuh cinta berkali-kali.

Meskipun membiakkan hewan peliharaan dengan fitur fisik yang berlebihan bisa membuat kucing malah sakit, tidak nyaman, dan juga tertekan. Tapi bagaimana dengan kucing Munchkin?

Pendatang yang relatif baru diakui di dunia perkucingan ini, sudah banyak kontroversinya meliputi kakinya yang pendek dan kekar.

So, let’s check this out apa aja sih yang akan jadi masalah bagi si kucing Munchkin ini, khususnya di bagian kesehatannya.

 

Apa sih Kucing Munchkin?

Mungkin kamu sudah menemukan banyak sekali gambar kucing Munchkin bertebaran di media online.

Anak kucing Munchkin berbentuk bundelan kecil, dengan mata bulat besar, dan cakar kecil seperti cotton ball.

Kucing Munchkin

Anak kucing Munchkin berjanji kalau dia tidak akan tumbuh cepat genks biar kamu selalu merasa punya bayik di rumah 😀 bahkan kucing Munchkin dewasa bisa aja ukurannya tidak sebesar anak kucing yang kamu lihat di gambar.

Sama halnya dengan kucing Sphynx yang memiliki keistimewaan penampilan yang tidak biasa, yaitu “tidak berbulu”, kucing Munchkin memiliki hubungan love and hate dengan manusia pada pandangan pertama, tetapi lambat laun daya pikat kucing Munchkin semakin kuat sehingga banyak orang yang mulai menyukainya.

 

Bagaimana Kucing Munchkin Dewasa Tetap Kecil?

Kucing Munchkin dikembangbiakkan memiliki kaki pendek yang tidak proporsional.

Ini artinya kucing Munchkin dewasa akan terlihat seperti kucing dewasa normal sampai kamu bisa menggenggam kaki-kaki imutnya.

Kucing Munchkin

Kaki kucing Munchkin pendek dan kekar, agak mirip dengan anjing Dachshund.

Perawakan pendek kucing Munchkin adalah hasil dari mutasi genetik yang disebut pseudoachondroplasia, yang biasa disebut dengan dwarfisme.

Karakteristik individu dengan pseudoachondroplasia juga dapat dilihat pada manusia yang memiliki kondisi tersebut.

 

Ciri-Ciri Kucing Munchkin

Ciri-ciri utama pada kucing Munchkin ialah kakinya yang pendek namun kekar. Meskipun kucing Munchkin berkaki pendek, ukuran tubuh kucing Munchkin layaknya kucing pada umumnya lho genks.

Selain itu, kucing Munchkin juga ada yang berbulu panjang dan juga pendek.

 

Sejarah Kucing Munchkin

Kucing Munchkin memiliki kaki pendek, tapi hal ini terjadi secara alami bukan karena pengembangbiakkan selektif manusia. Gen yang bertanggung jawab pada kaki pendek jenis kucing ini memiliki persamaan yang memberikan anjing Dachshund dan anjing Welsh Corgis perawakannya yang kecil. Namun, karena tulang belakang kucing secara fisik berbeda dari anjing, kucing Munchkin tidak menderita masalah tulang belakang yang kadang-kadang dikaitkan dengan ras anjing itu.

Terdapat beberala laporan mengenai keberadaan kucing kerdil sepanjang sejarah.

Kucing Munchkin

Seperti di Inggris, pada tahun 1930an sampai 1940an dilaporkan terdapat kucing kerdil yang kemudian menjadi pembahasan dokter hewan Inggris di tahun 1944.

Keberadaan jenis kucing ini tampaknya menghilang pada Perang Dunia II, tetapi di tahun 1950an sampai 1970an kucing berkaki pendek ini muncul kembali di berbagai tempat di seluruh dunia bahkan di Stalingrad (sekarang Volgograd, Rusia) pada tahun 1953.

Pada 1983 di Amerika Serikat, seorang wanita yang bernama Sandra Hochenedel menemukan kucing berkaki pendek di Louisiana yang diberi nama Blackberry. Blackberry merupakan keturunan dari setengah anak kucing berkaki pendek dan setengah berkaki panjang.

Seekor kucing jantan dari salah satu seperindukan Blackberry, yaitu Toulouse, diberikan kepada Kay LaFrance, teman Sandra Hochenedel. Dari Blackberry dan Toulouse lah, jenis kucing Munchkin hari ini diturunkan.

Pada tahun 1994, Asosiasi Kucing Internasional menerima kucing Munchkin ke dalam program pengembangan breed baru mereka dan memberikan status kejuaraan breed pada tahun 2003

Gen yang menghasilkan kaki pendek kucing munchkin adalah autosomal dominan, artinya tidak terkait jenis kelamin atau apakah diwarisi dari satu orangtua atau kedua orangtua si kucing. Namun, itu akan menjadi hal yang mematikan ketika anak kucing mewarisi dari kedua orang tua yang sebelumnya merupakan embrio cacat di dalam rahim kucing.

Akibatnya, kucing Munchkin hanya dibiakkan dengan kucing domestik biasa, dan tidak dengan kucing Munchkin lainnya. Keturunan kucing Munchkin atau kucing domestik memiliki peluang yang sama untuk menjadi kucing Munchkin atau tidak. Hanya keturunannya yang Munchkin yang akan membawa gen tersebut.

Standar breeding menyatakan bahwa perkawinan silang yang diizinkan pada kucing Munchkin ialah dengan domestic longhair  atau kucing berbulu pendek yang bukan anggota dari breed yang dikenal. Perkawinan silang kucing Munchkin dengan ras yang dikenal akan menghasilkan varietas berkaki pendek. Misalnya, perkawinan silang antara kucing Munchkin dengan kucing Scottish Fold yang disebut dengan kucing Scottish Kilt.

Mengenai kucing ini terdapat perdebatan yang sedang berlangsung apakah mengakui kucing Munchkin sebagai suatu ras adalah hal yang etis karena mutasi yang tidak normalnya tersebut. Para Penentang mengatakan mereka tidak boleh mempromosikan mutasi genetik yang mungkin memiliki konsekuensi kesehatan yang buruk bagi kucing.

Di sisi lain, para pendukung menunjukkan bukti bahwa kucing Munchkin tampaknya tidak memiliki masalah kesehatan khusus untuk ras, dan kucing-kucing tersebut tampaknya menjalani kehidupan layak dengan kaki yang lebih pendek.

 

Ukuran Kucing Munchkin

Kucing Munchkin digambarkan memiliki tubuh sedang meskipun berkaki pendek. Biasanya kucing Munchkin dewasa memiliki berat antara 2.5 kg sampai 4.5 kg lho genks.

Hal ini mungkin sedikit lebih besar dari yang kamu perkirakan, mengingat rata-rata jenis kucing dewasa memiliki berat badan 4.5 kg sampai 5 kg.

Tetapi faktanya adalah meskipun kaki kucing Munchkin dewasa pendek, namun ukuran badannya tetap seperti jenis kucing dewasa lainnya.

 

Perawatan Kucing Munchkin

Kucing Munchkin kadang digambarkan seperti “musang” karena hobinya berlarian, mengejar sesuatu, dan bermain dengan mainan ketika sedang senang. Ketika kucing Munchkin sedang duduk, posisinya sangat menggemaskan karena seperti kelinci.

Kucing Munchkin bisa dibiakkan dengan jenis kucing rumahan lainnya, maka kepribadian anak kucing akan bergantung pada warisan mana yang diambilnya. Kucing Munchkin dikenal dengan sifatnya yang ramah, penuh kasih sayang dan juga playful.

Kucing Munchkin memerlukan bantuan untuk merawat bulunya karena kakinya yang pendek membuatnya kesulitan untuk mencapai area tertentu ketika si kucing sedang merawat dirinya.

Kucing Munchkin

Kucing Munchkin berbulu pendek perlu menyikat bulunya minimal seminggu sekali, dan untuk kucing Munchkin berbulu panjang maka kamu perlu menyikatnya beberapa kali dalam seminggu.

Jangan lupa juga untuk menyikat giginya beberapa kali per minggu agar terhindar dari masalah periodontal. Memotong kuku kucing juga perlu dilakukan secara rutin.

Kucing Munchkin tidak mengalami masalah ketika sedang berlarian dengan kakinya yang pendek, tapi kucing Munchkin tidak bisa melompat setinggi kucing berkaki panjang lainnya.

Meskipun kucing Munchkin memiliki keterbatasan fisik, tetapi dia tetap aktif berlari dan memanjat. Oleh sebab itu, baik bagi kamu untuk menyediakan pohon kucing yang aman buat si Munchkin melompat.

Selain itu, kamu juga perlu menyediakan mainan interaktif karena pada dasarnya kucing Munchkin memiliki tingkat “kekepoan” yang tinggi. Kamu juga perlu luangkan waktu setiap hari untuk mengajaknya bermain yaa.

Kucing jenis apapun baiknya memang dirawat di dalam rumah, karena untuk memastikan bahwa kucing kamu aman dari penyakit yang berasal dari kucing lain, perkelahian antar kucing, serangan, atau kecelakaan. Baiknya kamu mensterilkan kucing kamu jika tidak ingin dibiakkan dan jangan lupa untuk memandikannya minimal sebulan sekali.

 

Kepribadian Kucing Munchkin

Asosiasi Kucing Internasional menggambarkan kucing Munchkin sebagai kucing yang suka bergaul, aktif, dan mudah bergaul.

Kucing Munchkin juga suka berlari genks, melompat (meskipun ke ketinggian yang lebih pendek daripada kucing lainnya) dan bermain dengan mainan.

Kucing Munchkin

Gambaran ini tampaknya berlainan dengan penelitian yang menunjukkan pseudoachondroplasia pada manusia dan spesies lain mengakibatkan mereka pada risiko lebih tinggi terkena osteoartritis dan masalah punggung.

Kucing dengan kondisi yang sama akan merasa sulit untuk menjadi sangat aktif, namun hal itu berlainan pada kucing Munchkin.

 

Kesehatan Kucing Munchkin

Pertanyaan mengenai kesehatan kucing Munchkin merupakan topik utama seputar kontroversi kucing ini dibiakkan.

Bagian tersulit untuk menjawab berbagai pertanyaan mengenai kesehatan kucing Munchkin ialah kurangnya data.

Kucing Munchkin

Sementara itu, ada penelitian yang sedang dilakukan, meskipun akan memakan waktu sebelum jawaban yang pasti ditemukan.

Para pendukung ras Munchkin mengklaim bahwa kucing Munchkin tidak mengalami efek buruk akibat anggota tubuhnya yang pendek, kucing Munchkin tetap hewan yang menggemaskan dan suka bermain.

Meskipun banyak penelitian ilmiah yang berkata sebaliknya, etika deliberately breeding dengan mutasi genetik berpotensi pada kualitas hidup si kucing Munchkin yang membuat beberapa pihak khawatir.

 

Kekurangan Fisik Kucing Munchkin

Karena kucing Munchkin memiliki ukuran kaki yang pendek, maka kucing Munchkin mengalami kesulitan melompat lebih tinggi daripada kucing biasa lainnya.

Yang harus dipertanyakan lebih lanjut apakah keterbatasan fisik pada kucing Munchkin akan mempengaruhi kualitas hidup mereka.

Kucing Munchkin

Kemampuan kucing Munchkin untuk melindungi dirinya serta melarikan diri dari situasi yang mengancam tanpa bantuan manusia juga harus disepakati sebelum kamu memilihnya sebagai peliharaan kamu di rumah, seperti yang kamu tahu akibat dari karakteristik berkaki pendek ini.

Selain itu, keterbatasan fisik dari kucing Munchkin menandakan bahwa mereka mungkin tidak dapat menjangkau semua area tubuhnya untuk merawat diri dengan baik.

Kalau kamu pemilik kucing Munchkin maka kamu perlu membantu si kucing untuk membersihkan dirinya.

Sedangkan pada manusia dengan pseudoachondroplasia memiliki peluang yang jauh lebih tinggi untuk terkena gangguan sendi dan punggung, serta beberapa masalah kesehatan lainnya.

Karena kucing Munchkin termasuk ras kucing yang relatif baru, maka belum ada cukup penelitian yang dilakukan untuk memastikan bahwa kucing Munchkin tidak akan mengalami masalah yang sama.

 

Perkawinan Silang Kucing Munchkin

Faktor lain yang perlu kamu pertimbangkan adalah ras lain yang menjadi keturunan kucing Munchkin.

Perkawinan silang pada kucing Munchkin dapat menghasilkan kucing Bambino atau kucing Napoleon.

Setiap jenis ras memiliki masalah kesehatan bawaannya sendiri, misalnya pada kucing Napoleon. Jenis ras ini adalah kucing Munchkin yang disilangkan dengan kucing Persia.

Kombinasi brachycephaly dan dwarfisme akan meningkatkan peluang besar kucing-kucing ini mengalami masalah punggung, sendi, dan pernapasan.

 

Apakah Kucing Munchkin Termasuk Ukuran Kucing yang Sehat?

Banyak hal yang menunjukkan bahwa kucing yang dibiakkan secara sengaja dengan fitur berlebihan yang tidak wajar dapat merusak kesehatan dan tentunya kesejahteraan kucing itu sendiri.

Oleh karena itu, tidak bisa dipastikan bahwa setiap kucing Munchkin menderita rasa sakit dan gangguan kecemasan karena penampilannya.

Sampel sehat kucing Munchkin tidak lagi dapat ditemukan.

Tetapi efek sebenarnya dari mendorong mutasi ini benar-benar perlu dipelajari sebelum kita dapat secara definitif menyatakan bahwa kesehatan kucing Munchkin tidak terpengaruh secara merugikan.

Tetapi efek sebenarnya dari

 

Gangguan Kesehatan Kucing Munchkin

Penelitian yang dilakukan pada kucing Munchkin tua belum menemukan kondisi yang merugikan akibat karakteristik uniknya yang berkaki pendek atau kemungkinan pada masalah strukturalnya, sehingga kamu bisa mengharapkan kucing Munchkin kamu bisa hidup normal layaknya kucing pada umumnya jika kamu rutin melakukan vaksinasi serta perawatan yang baik untuk mencegah penyakit yang direkomendasikan dokter hewan kamu.

Seperti layaknya kucing rumahan lainnya, kucing Munchkin bisa mengalami gangguan hipertiroidisme (ketidakseimbangan hormon); Pankreatitis (radang pankreas); Uremia (kelainan ginjal); Lymphosarcoma (kanker umum yang menyerang kucing dan anjing).

Selain itu kucing Munchkin juga bisa mengalami masalah kesehatan seperti di bawah ini :

 

Progressive Retinal Atrophy

Salah satu masalah kesehatan yang bisa dialami oleh kucing Munchkin adalah atrofi retina progresif.

Kondisi ini mengakibatkan hilangnya penglihatan secara bertahap dan pada akhirnya bisa menyebabkan kebutaan.

Walaupun masalah ini muncul dengan berbagai tingkat keparahan, jika kucing Munchkin yang mengalami gangguan ini, biasanya kucing tersebut mulai mengalami kehilangan penglihatan sekitar usia satu setengah sampai dua tahun.

Kucing yang terkena bisa menjadi benar-benar buta sekitar tiga atau empat tahun kemudian.

Jenis ras kucing lain seperti kucing Persia mengalami kelainan ini juga, sehingga membuat campuran kucing Persia dan kucing Munchkin berisiko 2 kali lipat mengalami kondisi ini.

 

Infeksi Saluran Kemih

Sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang pada tahun 2012 menemukan fakta bahwa kucing Munchkin berisiko lebih tinggi mengalami infeksi saluran kemih daripada jenis ras kucing lainnya.

Infeksi saluran kemih yang berulang akan membuat si kucing tidak nyaman dan tentunya membuat stres karena harus bolak-balik ke dokter hewan.

 

Masalah Tulang dan Sendi

Selain masalah yang telah disebutkan di atas, kucing Munchkin juga bisa mengalami masalah pada tulang dan sendinya, seperti osteoartritis, lorditis, dan tulang rusuk datar (pectum excavatum) merupakan masalah kesehatan utama yang terkait dengan kucing Munchkin.

 

Rentang Hidup Kucing Munchkin

Setelah semua pembahasan tentang masalah kesehatan si kucing Munchkin mungkin membuat kamu bertanya-tanya, “Berapa lama sih kucing Munchkin hidup?”

Kamu mungkin terkejut ketika mengetahui bahwa kucing Munchkin ternyata memiliki umur rata-rata yang memang khas kucing.

Kamu bisa mengharapkan kucing Munchkin hidup di mana saja antara 12 sampai 14 tahun, tapi ada 1 hal yang perlu diingat bahwa jenis ini belum ada cukup lama untuk dipelajari dan juga dipelajari umur panjang dari generasi selanjutnya.

 

Alternatif Ras Kucing Kecil Lainnya

Setelah membaca pembahasan di artikel ini pasti kamu sedang menimbang-nimbang baiknya membeli kucing Munchkin atau tidak kaan? Tapi buat kamu yang penyuka ras kucing kecil tidak perlu khawatir! Karena ada beberapa ras kucing kecil lainnya tetapi tidak membawa masalah kesehatan yang sama dengan kucing Munchkin.

 

Kucing Singapura

Kucing Singapura
By Straits Singapuras – Own work, CC BY-SA 4.0, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=64007308

Kucing ini berasal dari Malaysia dan berukuran lebih kecil daripada ukuran kucing lainnya, karena beratnya hanya mencapai 3.5 kg sampai 4 kg. Anak kucing Singapura membutuhkan waktu lebih lama untuk tumbuh kembangnya mencapai ukuran penuh; biasanya berkisar antara 15 sampai 24 bulan.

Ciri-ciri kucing Singapura yaitu memiliki bercak warna ringan, memiliki mata besar, cerdas, dan tubuhnya berotot.

Selain itu, kucing Singapura termasuk menyenangkan karena akan menemani kamu beraktivitas seharian.

 

Kucing Cornish Rex

Kucing Cornish Rex
By Bebopscrx, CC BY-SA 3.0, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=2309776

Kucing ini berasal dari Cornwall, Inggris. Tampilan kucing Cornish Rex tampak unik dengan bulunya yang pendek, keriting, lembut, bertelinga besar, serta fitur-fitur bagus lainnya.

Kucing Cornish Rex juga memiliki rasa “kepo” yang tinggi sama halnya dengan kucing lainnya dan juga energik.

Biasanya kucing Cornish Rex dewasa memiliki berat badan antara 3 kg sampai 5 kg. Meskipun secara penampilan, kucing Cornish Rex lembut dan bagus, tapi doi termasuk kucing yang gesit lho genks.

 

Kucing Devon Rex

Kucing Devon Rex
By Keithven1 – Own work, CC BY-SA 4.0, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=48922890

Biasanya kucing Devon Rex ini memiliki bobot tubuh sebesar 3 kg sampai 4.5 kg. Kucing Devon Rex memiliki bulu keriting dan kulit yang lembut seperti kucing Cornish Rex, dan juga memiliki ciri khas telinga yang besar.

Kucing Devon Rex memiliki wajah bak “peri” tapi dengan sifat yang lebih nakal 😀

Jika kamu menyukai kucing berkepribadian besar namun dengan fisik yang mini dan tentunya memiliki tampilan yang berbeda, maka kucing Devon Rex merupakan pilihan yang tepat untuk kamu.

 

Kucing American Curl

Kucing American Curl
By Nickolas Titkov from Moscow, Russian Federation – ACL Pointocurl Fiorentina, CC BY-SA 2.0, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=35573898

Kalau kamu mencari jenis ras kucing yang sedikit berbeda dari jenis kucing lainnya, kamu bisa memilih kucing American Curl ini. Yuppp, kucing ini ciri khasnya ada pada bagian telinganya yang meringkuk seperti kucing Lynx, hanya saja jauh lebih kecil dan lebih nyaman.

Kucing ini juga termasuk kucing yang ramah, setia, berukuran sedang, memiliki ekor yang mewah, dan bentuk tubuhnya lebih persegi.

Jadi, kalau kamu suka kucing yang bertubuh persegi panjang

Jadi, kalau kamu tidak terlalu suka dengan kucing panjang dan kurus seperti pada ras yang disebutkan di atas, mungkin kamu ingin mengenal lebih dalam kucing American Curl ini. 🙂

 

Makanan dan Nutrisi Kucing Munchkin

Kucing Munchkin tetap bisa diberikan makanan kucing pada umumnya, tidak ada kebutuhan khusus pada ras ini. Karena kucing Munchkin adalah kucing berukuran sedang yang berat dan massa tubuhnya tidak dipengaruhi secara signifikan oleh kaki pendeknya.

Kucing Munchkin 1

Makanan basah dianggap sebagai yang terbaik untuk kucing Munchkin kamu, tapi kamu juga tetap bisa kok memberikan makanan kering untuk si kocheng kamu genks.

Dan yang lebih baiknya kamu bisa mendiskusikannya dengan dokter hewan langganan kamu, makanan yang seperti apa yang paling cocok untuk kucing Munchkin kamu, terutama jika kucing kamu menderita diabetes, over weight, atau sudah tua.

Jangan lupa juga sediakan air matang untuk kucing kamu setiap saat yaa.

 

Apakah Kucing Munchkin Cocok untuk Kamu?

Tidak dapat dipungkiri bahwa kaki kekarnya kucing Munchkin merupakan hal yang menggemaskan darinya, tapi kamu harus berpikir mengenai kesejahteraannya sebelum kamu berniat membelinya.

Kita percaya bahwa hewan peliharaan yang bahagia ialah memiliki bentuk yang sehat, dan pembiakan selektif tidak boleh dilakukan karena hanya akan mengganggu kualitas hidup kucing.

Sayangnya, berdasarkan bukti yang ada sampai saat ini, aku tidak dapat merekomendasikan kucing Munchkin sebagai hewan peliharaan kamu.

Namun, kabar baiknya adalah jika kamu adalah penggemar kucing kecil dengan kepribadian besar, maka ada ras lain di luar sana yang sesuai dengan profil, tanpa masalah kesehatan yang sama.

 

Kedekatan Kucing Munchkin dengan Anak-Anak dan Hewan Peliharaan Lainnya

Kucing Munchkin memiliki kepribadian yang sama beragamnya dengan jenis kucing lainnya. Secara umum, kucing Munchkin bisa akur dengan anak-anak yang sudah agak besar, kucing lain, dan juga anjing lainnya.

 

Penutup

Apakah kamu punya pengalaman dengan kucing Munchkin atau jenis ras kucing lainnya yang sudah kita bahas sama-sama di atas?

Kalau iya, aku mau tahu cerita kamu dengan kucing Munchkin kamu di kolom komentar yaah genks!

Irma Deistya Pecinta kucing yang dulunya takut kucing, Kemudian mulai memberanikan diri dan akhirnya jatuh cinta terlalu dalam ke dunia perkucingan

Kucing Anggora

Irma Deistya
9 min read

Jenis-Jenis Kucing

Irma Deistya
45 min read

Kucing Himalaya

Irma Deistya
12 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *