Irma Deistya Pecinta kucing yang dulunya takut kucing, Kemudian mulai memberanikan diri dan akhirnya jatuh cinta terlalu dalam ke dunia perkucingan

Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon

Setelah sebelumnya aku membahas tentang kucing Munchkin, kali ini aku akan bahas si kucing raksasa, pasti kamu bisalah menebaknya kaann yeep tull genks.. Kucing Maine Coon..

Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon termasuk jenis ras kucing alami, dan termasuk dalam salah satu jenis kucing terbesar. Kucing Maine Coon juga bisa lho mencintai kamu apa adanya dan tentunya memberikan kamu kasih sayang sepenuhnya, tapi dia tetap bisa mandiri, dan memang doi kuat menghadapi masalah pada kesehatannya genks..

Seiring waktu, kucing Maine Coon makin banyak penggemarnya karena bulunya yang indah serta ada dalam berbagai macam warna dan pola.

Udah nggak sabar yaa genks apalagi sih info si Maine Coon ini, yukkk mari kita bahas satu per satu..

 

Apa Sih Kucing Maine Coon?

Kucing Maine Coon termasuk kucing populer saat ini karena bulunya yang bagus.

Kucing Maine Coon tidak hanya cantik dan besar, tetapi juga penyayang lho genks. Selain itu, kucing Maine Coon juga memiliki beragam warna dan corak pada bulunya.

Kucing Maine Coon

Kucing berbulu panjang ini aslinya dari Amerika Serikat. Kucing Maine Coon juga termasuk kucing yang kuat dan tahan banting *tapi nggak dibanting beneran yaah genks!* , jadi cocok untuk tinggal di segala macam iklim bahkan di iklim yang keras sekalipun.

Kucing Maine Coon adalah kucing yang baik, lembut, dan loyal. Bulunya lain dari yang lain karena si Maine Coon ini berbulu shaggy (brewok), telinga berumbai, serta ekor cincinnya yang berbulu lebat.

 

Ciri-Ciri Kucing Maine Coon

Tubuh kucing Maine Coon berukuran sedang hingga besar, berotot, dan berdada lebar, serta dengan penampilan tubuhnya panjang seimbang.

Kucing Maine Coon

Bulu kucing Maine Coon merupakan ciri khas yang ada pada dirinya. Biasanya bulunya berat dan panjang, shaggy, serta halus di sepanjang badannya. Di bagian pundak kucing Maine Coon berbulu pendek dan di bagian perut bulunya lebih panjang.

Biasanya bagian bulu lebatnya terletak pada bagian ruff (jumbai seperti singa) dan ekornya yang seperti kemoceng tapi halus dan lembut, serta terdapat cincin warna yang lebih gelap di sekitarnya. Selain itu terdapat jumpai pula di kakinya.

Telinga kucing Maine Coon cukup mencolok, di bagian pangkal telinganya lebar, dengan jumbai bulu pada bagian ujung telinganya.

Bagian matanya memiliki variasi warna, ada hijau, biru, emas, dan tembaga. Bentuk matanya cenderung bulat dan besar dibandingkan dengan jenis ras kucing lainnya.

 

Sejarah Kucing Maine Coon

Sesuai namanya, kucing Maine Coon berasal dari kota Maine, New England dan ditemukan pada tahun 1800-an. Awalnya kucing Maine Coon populer sebagai pengejar tikus sehingga mereka “dipekerjakan” untuk menangkap tikus di dalam kapal dan juga di ladang.

Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon ialah ras kucing alami dan sedikit yang bisa diketahui lebih dalam asal usulnya. Banyak spekulasi bermunculan mengenai asal usul si Maine Coon ini. Beberapa mengatakan bahwa orang Viking membawa kucing Maine Coon ke Amerika Utara, berabad-abad sebelum Columbus mengarungi samudra biru.

Pendapat lain mengatakan bahwa kucing Maine Coon adalah keturunan dari kucing berbulu panjang milik Marie Antoinette, yang dikirim ke Amerika terlebih dahulu dari ratu yang hancur dan hendak melarikan diri ke sana.

Kemungkinan besar kemunculan kucing Maine Coon dari cerita persilangan antara kucing domestik Amerika dan kucing berbulu panjang (mungkin seekor kucing Anggora), yang dibawa dengan kapal dari Eropa dengan para pemukim atau pedagang

Satu hal yang pasti dan bertentangan dari cerita rakyat populer adalah kucing Maine Coon bukan hasil perkawinan antara kucing dan rakun, bahkan jika sekalipun bulu kucing Maine Coon berwarna coklat dan ekornya cincin berbulu menunjukkan hal itu tidak mungkin secara biologis. Kemiripannya dengan rakun hanya terletak pada nama si kucing yang mendapat bagian “Coon”. Faktanya, kucing Maine Coon yang tidak memiliki bulu coklat tua disebut Maine Shags.

Referensi yang paling awal dipublikasikan pada tahun 1861 tentang show pertama kucing Maine Coon hitam putih yang bernama Captain Jenks of the Horse Marines. Kemudian kucing Maine Coon betina pada tahun 1895 bernama Best Cat memenangkan Best in Show di sebuah acara kucing yang diadakan di Madison Square Garden.

Di Boston dan New York, kucing lokal termasuk kucing populer di acara pameran kucing, dan ketika Asosiasi Penggemar Kucing (CFA) dibentuk pada tahun 1908, kucing Maine Coon kelima yang terdaftar bernama Molly Bond.

Tetapi ketika invasi kucing Persia mulai dilirik karena penampilannya yang glamor dan eksotis dari Inggris pada pergantian abad ini menandakan berakhirnya popularitas kucing Maine Coon selama sekitar 5 dekade. Lalu pada tahun 1960-an, segalanya berubah menjadi lebih baik, Asosiasi Pemelihara Burung dan breeder kucing Maine Coon dibentuk pada tahun 1968.

Kucing Maine Coon mulai diterima oleh Asosiasi Pemelihara Kucing (CFA) di tahun 1976, dan dinyatakan sebagai kucing resmi negara bagian Maine di tahun 1985. Saat ini, kucing raksasa nan cantik ini adalah salah satu ras yang paling populer di dunia.

Khas kucing Maine Coon biasanya berbulu cokelat, tetapi berkembang biak dan menghasilkan warna-warni. Standar CFA mengakui sebagian besar warna dan pola, termasuk tortoiseshell dan particolor, dengan pengecualian pointed patterns (seperti kucing Siam atau kucing Himalaya) atau warna cokelat atau lavender.

Kucing Maine Coon terkenal dan telah diakui oleh “Guinness Book of World Records” sebagai kucing terpanjang di dunia, termasuk yang berukuran 48 ½ inci dari ujung hidung hingga ujung ekor.

 

Kepopuleran Kucing Maine Coon dari Tahun ke Tahun

Kucing raksasa lembut ini sangat populer pada akhir 1800-an dan awal 1900-an, dibuktikan dengan kucing Maine Coon sebagai pendatang populer di pameran dan pertunjukan kucing.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu dan selera, kucing Maine Coon menjadi kurang populer dan banyak orang berpindah haluan untuk sementara waktu ke ras lain seperti kucing Persia dan Siam. Tapi kemudian, dalam beberapa tahun terakhir, popularitas kucing Maine Coon sekali lagi meningkat.

Maine Coon Breeders and Fanciers Association (MCBFA) dibentuk pada tahun 1968, dan pada hari ini kucing Maine Coon sekali lagi menjadi pemain besar dalam pertunjukan kucing dan juga hewan peliharaan keluarga.

Tapi, jumlah kucing Maine Coon berkurang secara dramatis pada tahun-tahun berikutnya, yang berarti bahwa kucing Maine Coon yang dikembangbiakan saat ini berasal dari kelompok kecil.

MCBFA sekarang memiliki keanggotaan lebih dari 200 breeder. Tetapi kumpulan gen yang relatif kecil ini mungkin berkontribusi pada insiden masalah kesehatan yang sayangnya lebih tinggi daripada rata-rata pada ras yang indah ini.

 

Kepribadian Kucing Maine Coon

Kepribadian kucing Maine Coon merupakan alasan besar popularitasnya saat ini mengalami peningkatan. Meskipun kucing Maine Coon kadang-kadang bisa vokal,  dia tidak terlalu berisik kok genks.

Kucing Maine Coon

Kelakuannya sering disamakan dengan anjing keluarga daripada kucing, sebuah anggukan merupakan kebutuhan nyata mereka sebagai rasa persahabatan dan kasih sayang dari kamu genks.

Ciri-ciri kepribadian kucing Maine Coon pada umumnya ialah mereka menikmati kebersamaan dengan pemiliknya dan juga suka bermain bersama. Selain itu, kucing Maine Coon juga senang menghabiskan “me time“, tidur atau berkeliling lingkungan sekitar.

Sifat kucing Maine Coon termasuk tingkat kesetiaan pada keluarga yang mereka anggap akan membuat kamu jadi sangat menyayanginya, kucing Maine Coon juga sering bersikap sangat ramah kepada orang yang tinggal bersamanya dan lebih suka menjauhi orang asing.

 

Temperamen Kucing Maine Coon

Terlepas dari kesetiaannya pada si pemilik dan rasa acuh pada orang asing, tapi kucing Maine Coon dikenal tidak terlalu protektif dan agresif pada orang yang tidak dikenal oleh mereka.

Kucing Maine Coon

Malahan kucing Maine Coon cenderung menjadi pemburu yang produktif. Dan, sebagai kucing besar, kucing Maine Coon bisa menangkap mangsa lebih besar dari yang kamu bayangkan.

Hal ini juga jadi bahan pertimbangan kamu, ketika kamu hendak membebaskan kucing Maine Coon kamu di luar.

 

Bisakah Kucing Maine Coon Berkeliaran di Luar?

Kucing Maine Coon cukup tangguh karena memiliki badan yang besar dan kuat. Bulu tebalnya juga bisa menjaganya ketika musim dingin, meskipun Maine Coon akan lebih mudah kepanasan juga.

Tapi kucing Maine Coon tetap bisa tinggal di lingkungan dengan kondisi cuaca apapun. Kucing Maine Coon adalah peliharaan unggul dalam hal bersenang-senang menyiksa binatang liar. Di jamin rumah kamu bisa bebas dari kecoa dan sejenisnya genks.

Kucing Maine Coon 4

Jadi, jika kamu tinggal di lingkungan yang aman dan juga kucing kamu sudah di steril (agar menghindari meledaknya populasi kucing liar), tentu saja kamu bisa membiarkan kucing Maine Coon kamu menjelajahi lingkungan rumah kamu.

Tapi, balik lagi sih semua terserah kamu apakah kamu mau membiarkan kucing Maine Coon kamu untuk menjelajahi lingkungan rumah kamu dulu setelah si Maine Coon sampai di rumah kamu pertama kali. Ada sebagaian pemilik yang membebaskan kucingnya untuk menjelajahi area luar rumah, tapi kebanyakan pemilik kucing memeliharanya di dalam rumah. Ada beberapa alasan untuk hal ini.

 

Kucing Outdoor VS Kucing Indoor

Salah satu alasan terkuat kenapa kucing ras sering berada di dalam rumah karena untuk menghindari pencurian kucing ras. Intrik yang sering digunakan untuk mencuri kucing dengan cara memberinya makan terus-menurus sehingga si kucing menjadi lupa sama rumah pemilik awalnya. Cara ini bukan untuk ditiru yaa genks, tapi sebagai antisipasi kamu untuk lebih menjaga kucing kesayangan kamu.

Cara ini sangat kejam dan manipulatif untuk mengambil hewan peliharaan orang lain, dan biasanya dilakukan jika kucing kamu termasuk kucing yang ramah pada orang asing sekalipun. Apalagi kalau kucing kamu terawat, bagus, bersih, trus juga ramah sama siapapun itu akan semakin jadi incaran orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk membuat kamu menjauh dari kucing kesayangan kamu.

Resiko lainnya dari pencurian, ketika orang jahat melihat kucing bagus berkeliaran bebas di jalan lalu orang jahat itu berniat untuk mencuri dan bermaksud untuk menjualnya.

Tapi hal ini juga bukan merupakan kesimpulan yang salah jika membiarkan kucing kamu berkeliaran bebas di jalan lalu dicuri orang lain, namun bisa jadi bahan pertimbangan jika kamu tinggal di area yang ramai. Selain itu, kamu juga harus mempertimbangkan arus lalu lintas di daerah rumah kamu.

 

Ukuran dan Berat Badan Kucing Maine Coon

Salah satu yang paling menarik dari jenis ras kucing satu ini terletak pada ukuran badannya yang besar.

Kucing Maine Coon termasuk dalam salah satu jenis ras kucing terbesar di dunia. Berat badan kucing Maine Coon dewasa bisa mencapai 9 kg untuk jantan dan 7 kg untuk betina.

Kucing Maine Coon 5

Rata-rata berat badan kucing Maine Coon yang telah berkembang sempurna berkisar antara 5 kg sampai 10 kg. Biasanya, kucing Maine Coon mencapai batas usia dewasanya ketika berusia tiga tahun, lebih lambat dari jenis kucing kecil lainnya.

Kucing Maine Coon ini bertubuh kekar dan kokoh. Wajahnya didesain khusus dengan tulang pipi yang tinggi, dada melebar, serta tubuh kucing Maine Coon berukuran panjang.

Hal ini dirancang dengan alam untuk menahan pada kondisi cuaca, sekalipun pada cuaca ekstrim, Maine Coon juga memiliki cakar berbulu yang empuk.

 

Bagaimana Kucing Maine Coon Bisa Berukuran Besar?

Meskipun ukuran terbesar kucing Maine Coon bisa mencapai 10 kg, sebenarnya hal ini bukanlah ideal. Karena kelebihan berat badan bisa menimbulkan berbagai macam penyakit.

Yang perlu kamu perhatikan pada masalah kesehatannya adalah pada bagian sendi pinggulnya, yang tentunya ketika kucing Maine Coon kamu berat badannya berlebih akan memperburuknya.

Ukuran kucing Maine Coon besar memang menggemaskan, tetapi penting bagi kamu untuk melihat kembali apakah kucing Maine Coon kamu besarnya karena struktur tubuh alaminya atau karena kelebihan berat badan.

 

Warna Bulu Kucing Maine Coon

Warna bulu kucing Maine Coon bisa sangat bervariasi. Sejauh ini warna umum Maine Coon ialah tabby, tapi tidak menutup kemungkinan juga bisa warna lainnya karena tidak ada pembatasan dalam program breeding jenis kucing ini.

Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon pertama yang didokumentasikan berwarna hitam dan putih, dan warna ini masih bisa ditemukan hingga saat ini.

Salah satu hal terindah pada kucing Maine Coon adalah warna bulunya yang sangat beragam.

 

Kucing Maine Coon Solid Color

Warna solid adalah warna yang hanya terdiri dari satu macam warna saja di seluruh tubuhnya. Yang termasuk solid color adalah:

  • Hitam
  • Putih
  • Cream
  • Blue

 

Kucing Maine Coon Bicolor

Kucing Maine Coon bicolor yaitu yang memiliki dua kombinasi warna di sepanjang badannya. Yang termasuk dalam variasi ini adalah:

  • Hitam dan putih
  • Blue dan putih
  • Cream dan putih
  • Red dan putih

 

Kucing Maine Coon Tabby

Kucing berbulu tabby memiliki pola kucing tradisional. Termasuk tabby dengan bintik-bintik maupun bercak pada seluruh bulunya.

Meskipun warna paling umum dari kucing Maine Coon tabby berwarna cokelat, tapi pola ini bisa dibuat dalam berbagai warna lainnya.

Warna kucing Maine Coon yang termasuk tabby antara lain:

  • Brown Classic dan Mackerel
  • Blue Classic dan Mackerel
  • Blue Silver Classicdan Mackerel
  • Red Classic dan Mackerel
  • Silver Classic dan Mackerel
  • Silver Patched Classic dan Mackerel
  • Blue Silver Patched Classic dan Mackerel

 

Variasi Warna Kucing Maine Coon Tabby

Kucing Maine Coon tabby juga bisa memiliki bulu di bagian dada, kaki, dan pahanya berwarna putih. Variasi warna kucing Maine Coon tabby dengan putih dapat bervariasi seperti di bawah ini:

  • Brown Classic dan Mackerel
  • Blue Classic dan Mackerel
  • Mackerel dan Blue Silver Classic
  • Cameo Classic dan Mackerel
  • Cream Cameo Classic dan Mackerel
  • Red Classic dan Mackerel
  • Silver Classic dan Mackerel
  • Brown Patched Classic dan Mackerel
  • Blue Patched Classic dan Mackerel
  • Silver Patched Classic dan Mackerel
  • Blue Silver Patched Classic dan Mackerel

Istilah tambahan seperti klasik dan perak bisa membantu breeder untuk menandakan perbedaan warna shaded cokelat atau blue yang dimiliki pada bulu kucing.

Kucing Maine Coon tabby juga ada variasi tanda bulu putih. Tanda ini menunjukkan dimana flek warna lain tersebar di seluruh tubuh atau hanya berpola saja. Kucing Maine Coon dengan tanda tabby adalah:

  • Black Silver Ticked Tabby
  • Black Silver Ticked Torbie
  • Brown Ticked Tabby
  • White and Brown Ticked Tabby
  • Brown Ticked Torbie
  • Red Ticked Tabby
  • Red Ticked Tabby With White

 

Kucing Maine Coon Shaded

Warna lain yang bisa kamu temukan pada kucing Maine Coon adalah shaded.

Kucing manis ini sering digambarkan sebagai “kabut” karena pola pada bulunya dan rona warna tersembunyi yang kemudian dicampur.

Salah satu warna kucing Maine Coon shaded yang paling populer adalah Blue Smoke.

Yang termasuk kucing Maine Coon shaded, yaitu:

  • Black Smoke
  • Blue Smoke
  • Cream Smoke
  • Red Smoke
  • Shaded Silver
  • The Shaded Blue Silver
  • Torbie Smoke
  • Blue Cream Smoke
  • Shell Cameo
  • Shell Silver

 

Variasi Warna Kucing Maine Coon Shaded

Variasi warna kucing Maince Coon shaded sama halnya dengan variasi warna kucing Maine Coon tabby yaitu terdapat bintik bulu putih pada bagian dada, kaki, serta pahanya. Yang termasuk pada variasi warna ini, yaitu:

  • Black Smoke
  • Blue Smoke
  • Cream Smoke
  • Red Smoke
  • Shaded Silver
  • Torbie Shaded Silver
  • Shaded Blue Silver
  • Shaded Cream Cameo
  • Torbie Smoke
  • Blue Cream Smoke

 

Perawatan Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon dewasa bisa menjadi sebesar lengan kamu lho genks. Meskipun si Maine Coon ini easy-going, setia, dan penuh kasih sayang, doi tidak memiliki kecenderungan menjadi kucing manja. Malah sebaliknya, si Maine Coon akan menunjukkan sisi kemandiriannya ke kamu sehingga kamu makin terpikat. Maine Coon akan duduk di pangkuan kamu ketika dia sudah merasa akrab sama kamu.

Kucing Maine Coon

Kamu perlu menggunting kuku cakar Maine Coon kamu untuk melindungi furnitur rumah kamu dan tentunya supaya si kucing tidak terluka dong. Kamu juga perlu menyikat giginya beberapa minggu sekali yaah genks.

Kucing Maine Coon selalu penasaran sama kegiatan yang kamu lakukan, sekalipun kamu tidak memperhatikannya sama sekali. Kamu bisa memberikannya mainan interaktif supaya si manis ini sibuk. Kamu juga bisa membiarkan kucing kamu berolahraga kecil dengan memberikannya mainan laser atau lempar bola.

Kamu juga harus memastikan kebersihan litter box kucing kamu yaah, agar kotoran tidak nempel di bulu si kucing dan juga menghindari si kucing pup atau pee sembarangan.

Manfaatkan sesi perawatan kucing kamu untuk memeriksa telinganya juga yaa, caranya dengan menyapu lembut dengan cotton ball basah jika terlihat kotor sekali.

Juga, periksa matanya, bersihkan kotoran apa pun yang menempel dengan lembut. Siapkan beberapa bola kapas lain, karena kamu harus membuangnya setelah satu lap untuk mengurangi risiko kontaminasi.

 

Grooming Kucing Maine Coon

Merawat kucing adalah hal besar yang perlu kamu pertimbangkan ketika hendak memelihara kucing.

Menyisir bulunya dua kali seminggu bisa membantu kucing Maine Coon kamu terbebas dari kusut genks. Selain itu, bisa juga menghilangkan bulu rontok, kotoran, dan tentunya akan membuat bulu Maine Coon kamu jadi bagus dan berkilau.

Kucing Maine Coon

Jenis ras kucing ini sebenarnya mudah perawatannya, kamu bisa menyikat gigi si Maine Coon tanpa perlu berdebat. Kamu juga perlu menyisirnya dengan lembut, tidak menarik bulu yang kusutnya dengan paksa,tapi dengan sapuan lembut lalu diulangi terus sampai bulu kusutnya hilang.

Untuk kamu yang baru memelihara anak kucing Maine Coon, kamu harus rajin menyikat bulunya setiap hari sejak hari pertama di rumah kamu dengan usapan yang lembut agar membuat kedekatan dengan kamu dan keluarga kamu.

Bulunya tidak perlu perawatan khusus lainnya, tapi semakin cepat kamu melakukannya sejak dini, maka akan membiasakan kucing kamu sehingga akan menoleransinya ketika kucing sudah mulai dewasa.

 

Shedding Kucing Maine Coon

Jika kucing kamu menerima ketika kamu memberinya snack, hal itu akan membantunya memberi pengalaman yang menyenangkan, sehingga ketika kamu hendak melakukannya kembali kucing kamu tidak akan menolak.

Selain itu, menyisir bulunya juga membantu kucing mengurangi jumlah bulu yang rontok, serta kemungkinan hairball.

Tingkat kerontokan bulu kucing Maine Coon tergolong tinggi. Jadi, sekalipun kamu rutin menyisir bulunya, sepertinya kamu membutuhkan alat penyedot bulu kucing.

 

Apakah Kucing Maine Coon Menyebabkan Alergi?

Banyak pemilik kucing yang merasakan alergi terus-menerus sehingga biasanya mereka mencari jenis kucing yang tidak menyebabkan alergi.

Tapi, fakta mengejutkannya adalah tidak ada kucing yang tidak alergenik (yang memicu alergi). Hal ini karena masalah penyebab alergi bukan sepenuhnya pada bulu maupun kotoran kucing, melainkan pada air liurnya. Dan seperti yang kita ketahui, kalau semua kucing suka menjilat badannya untuk melakukan ritual mandinya 😀

Selain itu juga, kucing berbulu panjang tidak direkomendasikan untuk kamu yang memiliki alergi ataupun asma. Jadi, kamu bisa mencari jenis kucing lainnya yang hairless misalnya 🙂

 

Masalah Kesehatan Kucing Maine Coon

Hal yang perlu kamu pikirkan selanjutnya ketika kamu ingin memelihara kucing Maine Coon adalah masalah kesehatannya.

Kucing Maine Coon 9

Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa tidak ada kucing Maine Coon yang benar-benar murni.

Pada tahun 1900-an populasi kucing Maine Coon memang menyusut drastis yang menyebabkan sedikitnya keragaman genetik yang ada. Yang artinya ialah beberapa masalah genetik cukup tersebar luas di dalam ras ini.

Kucing Maine Coon di New England dikenal karena memiliki jari kaki yang berlebihan yang disebut polydactylism. Kondisi ini dianggap cacat untuk kucing pertunjukkan tetapi tidak berpengaruh pada kesehatan si kucing.

Tapi kamu tetap harus melakukan vaksinasi yaah genks dan perawatan pencegahan seperti jenis kucing lainnya agar kucing kamu tidak mudah terserang penyakit.

Kondisi yang membuat kucing kamu rentan terhadap penyakit:

 

Hip Dysplasia 

Sifat alamiah kucing Maine Coon bersemangat, lincah, dan pintar menyembunyikan rasa sakitnya. Sama kayak kamu, IYA KAMU yang jago nahan sakit 🙁 *CandaYaGenks. Nah karena si kucing ini pintar menyembunyikan rasa sakitnya, seringkali kamu jadi tidak sadar kalau si kucing lagi sakit persendiannya. Dan hal ini lazim di beberapa ras kucing, sekalipun si kucing tidak memberikan tanda “kesakitannya” pada kita. 🙁

Salah satu masalah persendian yang dialami kucing Maine Coon adalah hip dysplasia, yaitu kondisi dimana sendi panggul rusak. Bagian yang rusaknya pada sambungan sendi, tempat yang biasanya digunakan untuk duduk, tidak terbentuk sempurna atau salah bentuk.

Sendi yang cacat ini mengakibatkan kaki kucing tidak dapat mengayun dengan mudah ke belakang dan ke depan saat berjalan, berlari, atau melompat. Hip dysplasia bisa mengakibatkan radang sendi, nyeri, dan kepincangan. Dalam kasus hip dysplasia terberat bahkan bisa dilakukan eutanasia (suntik mati pada hewan) 🙁

Pada tahun 1974 sampai 1995, Yayasan Orthopedi untuk Hewan (OFA) memiliki 288 permintaan evaluasi konfirmasi sendi cofemoral pada kucing, dan semuanya adalah kucing Maine Coon kecuali 4 kasus. Dari 284 kucing Maine Coon yang dievaluasi, lebih dari 21% mengalami hip dysplasia.

Hal yang bisa kamu lakukan dengan cara menjaga agar si Maine Coon tidak kelebihan berat badan dan mengurangi aktivitas melompat anak kucing Maine Coon agar pertumbuhan sendinya bisa sempurna. Ini merupakan tindakan pencegahan yang paling masuk akal, mengingat Maine Coon rentan terkena penyakit displasia panggul.

Hingga saat ini belum ada hip scoring untuk kucing, padahal sudah banyak ada di beberapa jenis anjing. Jadi, hal terbaiknya kamu menanyakannya ke breeder tidak hanya orangtua si kucing saja, kalau perlu kakek-neneknya, dan juga apakah ada ketimpangan di keluarga si kucing.

 

Feline Hypertrophic Cardiomyopathy

Penyakit berikutnya yang bisa mengancam Maine Coon kamu tersayang yaitu Feline Hypertrophic Cardiomyopathy. Penyakit ini merupakan penyakit jantung yang umum pada kucing rumahan. Di beberapa ras kucing, kasus ini tergolong tinggi, dan salah satunya adalah kucing Maine Coon.

Sebuah studi yang dilakukan pada sekelompok kucing Maine Coon menunjukkan bahwa hubungan keluarga sangat erat dan sifat genetik yang dominan dalam menurunkan penyakit ini. Gejala umumnya, biasanya awal kemunculan saat kucing remaja dan akan semakin parah ketika kucing memasuki usia dewasa awal.

Usia kucing Maine Coon yang biasanya terdeteksi penyakit ini adalah dua setengah tahun. Dan si Maine Coon termasuk satu dari tiga jenis kucing yang bisa meninggal mendadak karena sakit ini. 🙁

Dalam beberapa tahun terakhir, penyakit ini dikaitkan dengan genetik. Jadi kamu harus teliti ketika membeli kucing Maine Coon apakah si breeder telah melakukan pengujian pada kucingnya terhadap penyakit serius ini.

 

Spinal Muscular Atrophy

Penyakit ini merupakan penyakit genetik pada kucing Maine Coon yang menyebabkan hilangnya gerakan di kaki belakangnya. Meskipun tidak menyakitkan dan fatal, tapi bisa memperlambat kucing ketika berjalan dan membatasi kegiatan yang disukainya, seperti berlari dan melompat.

Meskipun tetap banyak kucing Maine Coon indoor yang nyaman dengan kondisi ini, tentunya hal ini bukan yang kamu inginkan kan? Karena akan menghambat pergerakan si kucing dan tentunya membatasi aktivitas si Maine Coon.

Jangan khawatir genks! Saat ini ada kok tes DNA untuk atrofi otot tulang belakang. Tapi, jika kamu sudah memastikan kondisi kedua orang tua si anak kucing Maine Coon sehat, kamu tidak perlu melakukan pengetesan lagi pada anak kucing Maine Coon kamu.

Tapi jika salah satu orang tuanya yang jadi pembawa gen penyakit ini, kemungkinan besar anak kucing Maine Coon tidak akan mengalami penyakit ini, hanya saja si anak kucing tersebut akan menjadi pembawa penyakit ini ketika akan dibiakkan di kemudian hari.

 

Rentang Hidup Kucing Maine Coon

Satu-satunya penelitian yang dilakukan oleh thehappycatsite, yang secara spesifik mengamati usia kucing Maine Coon berkisar 11 tahun. Tapi kucing ini bisa berusia hingga 19 tahun pada spektrum tertingginya.

Ketika kamu membeli anak kucing pastikan bahwa kedua orang tuanya telah dicek kesehatannya terlebih dahulu untuk memastikan kesejahteraan hidup anak kucing kamu juga.

 

Makanan dan Nutrisi Kucing Maine Coon

Rutinitas makan kucing Maine Coon sama dengan jenis kucing sehat lainnya. Baiknya, berikan makan kucing Maine Coon 4 kali sehari sampai berusia 12 minggu, 3 kali sehari sampai berusia 6 bulan, dan 2 kali sehari setelahnya. Diberikan secara rutin dalam jumlah yang sesuai.

Kucing Maine Coon

Sebenarnya kamu tidak perlu membeli jenis makanan kucing yang spesifik pada ras tertentu. Kucing kamu tetap bisa diberikan makanan kucing bahkan yang ekonomis sekalipun. Hanya saja, kamu harus memberikannya dalam jumlah yang lebih banyak daripada peliharaan lainnya, mengingat ukurannya yang besar dikhawatirkan si Maine Coon merasa belum kenyang 🙂

Sebagian ahli mengatakan makanan basah atau makanan kering sesuai selera si kucing dan tentunya budget si empunya dong 🙂 , tetapi memberikan dua kombinasi jenis makanan akan lebih baik untuk keseimbangan nutrisinya.

Fokus pada kesehatan sendi itu hal yang utama karena ras Maine Coon banyak sekali yang mengalami displasia panggul. Yang terpenting dan tentunya baik untuk kucing Maine Coon kamu adalah makanan yang rendah karbohidrat dan tinggi protein.

Jangan lupa juga untuk selalu mencatat apakah kucing kamu kelebihan berat badan, karena obesitas bisa memperpendek masa hidup kucing kamu genks. Baiknya sih kamu mendiskusikannya dengan dokter hewan kamu untuk mengetahui lebih lengkap kebutuhan nutrisi untuk kucing kamu seperti apa yang bagusnya.

 

Apakah Kucing Maine Coon Hewan Peliharaan yang Baik?

Umumnya kucing Maine Coon dikenal sebagai kucing penyayang, dan berusaha untuk mencari pemilik yang mau ditumpangi hidup sama mereka 😀

Doi juga senang lho kalau kamu belai lembut dan tidak segan duduk di pangkuan kamu, meskipun biasanya mereka sudah bahagia hanya dekat dengan kamu.

Kucing Maine Coon

Sebagian besar kucing Maine Coon juga toleran dengan perhatian anak-anak, dan bisa jadi teman bermain anak-anak yang sudah cukup besar tetapi harus di bawah pengawasan yaa.

Meskipun si Maine Coon mendapatkan limpahan kasih sayang dari kamu, tapi dia tetap bisa menjadi kucing mandiri genks. Jadi, mereka bisa jadi sahabat di rumah kamu, meskipun kamu sibuk seharian di luar.

Kamu tinggal menyediakan makanan dan minuman yang cukup selama 8 jam untuk kucing kamu serta ruang geraknya supaya doi tetap bisa selonjoran dimanapun yaa. Pastikan juga tempatnya aman dan kering, serta litter box nya sudah kamu bersihkan.

 

Anak Kucing Maine Coon

Sebelum kamu membawa pulang anak kucing Maine Coon ke rumah kamu, pastikan bahwa gaya hidup kamu cocok dengannya, terutama karena Maine Coon jenis kucing besar dan perlu perawatan tinggi pada bulunya.

Kucing Maine Coon

Apakah kamu yakin kalau kamu bisa menyediakan waktu seminggu sekali untuk menyisir bulunya, cukup uang untuk menyediakan makanan, vitamin, nutrisi, biaya perawatan bulanan, vaksinasi, dan lain-lainnya yang menyangkut untuk kucing kamu?

 

Tips Memilih Anak Kucing Maine Coon

Banyak alternatif yang bisa kamu pilih kalau kamu ingin mendapatkan kucing Maine Coon. Misalnya kamu bisa membeli kucing Maine Coon pedigree, membeli kucing Maine Coon campuran, mengadopsi, atau kamu juga bisa menyelamatkan kucing Maine Coon yang terlantar. Pilihan yang kamu pilih tinggal disesuaikan aja dengan kondisi dan perasaan kamu.

Kucing Maine Coon

Opsi yang bisa kamu pilih, di antaranya:

 

Breeder Kucing Maine Coon

Kalau kamu memutuskan untuk membawa anak kucing Maine Coon ke rumah kamu, hal pertama yang kamu lakukan adalah menemukan breeder yang terbaik.

Breeder yang terpercaya bisa saja memiliki daftar tunggu yang panjang lho genks, sehingga kamu tidak bisa langsung mendapatkan anak kucing Maine Coon secepatnya.

Sangat penting bagi kamu menemukan breeder yang mengikuti kode etik, yang mengutamakan kesehatan orang tua kucing dan anak kucing tentunya, melakukan tes kesehatan, dan memahami pentingnya sosialisasi pada pemilik kucing baru.

Periksa kembali bahwa orang tua kucing kamu sudah diperiksa kesehatannya, dan breeder merawat induk kucing dengan sangat baik yang bertujuan untuk lebih menjaga anak kucing. Breeder juga perlu membuat hewan peliharaannya berharga dan dirawat dengan baik.

Kamu juga harus menghindari breeder yang tidak baik yaah genks demi kesejahteraan kucing kamu.

 

Harga Kucing Maine Coon

Bagi sebagian orang harga bukanlah masalah jika menyangkut untuk mendapatkan kucing cantik ini, karena harga kucing Maine Coon tidaklah murah.

Anak kucing Maine Coon yang kamu dapatkan di breeder yang terverifikasi pasti lebih mahal. Karena breeder perlu mengeluarkan biaya untuk melakukan pengetesan pada raja dan ratu mereka, serta biaya lagi ketika hendak mengawinkan pasangan kucing.

Harga kucing Maine Coon yang tersertifikasi pedigree bisa mencapai kisaran 8 juta rupiah sampai 25 juta rupiah. Dan tentunya harga kucing Maine Coon non pedigree akan jauh lebih murah.

Harga Maine Coon sangat bervariasi tergantung pada tempat breeder berada, tes kesehatan apa yang dilakukan pada kucing mereka, dan untuk tujuan apa mereka dikembangbiakan.

 

Menyelamatkan Kucing Maine Coon

Cara lain untuk mendapatkan salah satu kucing ini ke rumah kamu adalah dengan mencari kucing yang diselamatkan.

Kalau kamu beruntung, bisa saja kamu mendapatkan kucing Maine Coon yang diselamatkan.

Jika kamu mencari kucing ras secara spesifik, mungkin kamu harus menunggu lama untuk mendapatkannya di tangan kamu, tetapi kucing ras campuran biasanya ada saja di rumah penampungan hewan.

Kamu juga bisa mengobrol dengan penyelamat di rumah penampungan hewan untuk mencari kucing yang kamu idamkan.

 

Kucing Maine Coon Campuran

Jika kamu berpikir cara lain untuk mendapatkan kucing Maine Coon dengan cara mendapatkan kucing Maine Coon campuran itu ide yang bagus genks! Kucing campuran bisa terkonfirmasi jika si induk kucing diketahui memiliki sertifikat pedigree. Terlepas dari siapa ayah kucing itu, anak kucing kamu setidaknya setengah bagian dari Maine Coon.

Campuran atau kawin silang mungkin saja memiliki hampir semua, atau hampir tidak ada karakteristik si Maine Coon. Ini seperti untung-untungan, yang mana bisa saja beberapa anak kucing mirip dengan induknya atau dengan yang lainnya, bahkan bisa aja tidak mirip sama sekali 😀

Bahkan, jika kamu ingin memelihara kawin silang kucing Maine Coon, pastikan bahwa orang tuanya sudah dilakukan tes kesehatan. Bibit hasil kawin silang biasanya lebih kecil kemungkinan menderita penyakit turunan jika berasal dari ras dengan kelompok gen yang lebih besar, tapi bisa aja mereka akan mengalami masalah yang berbeda.

Misalnya, kalau kamu membeli kucing campuran Maine Coon dengan Persia, kamu harus pertimbangkan masalah yang mungkin terjadi ke depannya, karena seperti yang sudah di bahas bahwa kucing Persia rentan terkena penyakit brachycephalic dan tentunya kucing Maine Coon pun tidak luput dari masalah kesehatan genetiknya yang akan diwarisi oleh si anak kucing.

Salah satu kucing campuran yang paling populer antara kucing Maine Coon dengan kucing Norwegian Forest.

 

Kedekatan Kucing Maine Coon dengan Anak-Anak dan Hewan Peliharaan Lainnya

Kucing Maine Coon pilihan yang tepat untuk rumah kamu karena kucing Maine Coon sifatnya yang ramah serta mudah bergaul pada anak-anak, anjing ramah kucing, dan kucing lainnya. Dia juga menyukai perhatian dari anak-anak yang memperlakukan kucing Maine Coon dengan baik.

Kucing Maine Coon

Ketika di rumah kamu sudah ada beberapa hewan peliharaan, kamu harus perkenalkannya secara perlahan agar mereka bisa hidup rukun dan tentunya rumah kamu bisa damai dari amukan hewan yang cemburu 😀

Karena pada dasarnya kucing Maine Coon tipe pemburu tikus, maka tidak aman jika di rumah kamu terdapat peliharaan hamster, guinea pig, dan sejenisnya.

 

Apakah Kucing Maine Coon Cocok untuk Kamu?

Yang aku tekankan sekali lagi sebelum kamu memutuskan untuk memelihara kucing kamu harus memastikan bahwa lingkungannya akan tepat dan aman.

Kucing Maine Coon

Karena kucing akan membutuhkan makanan berkualitas baik, perawatan teratur, dan rasa cinta dan sayang dari kamu.

Kucing kamu bisa ditinggalkan sementara kamu bekerja, asal kamu bisa memastikan dengan baik kalau ruang geraknya tidak terbatas, adanya mainan untuk dia bermain, makanan dan minuman yang cukup, serta area yang nyaman untuk kucing tidur.

Jika kamu dengan percaya diri dapat memenuhi kebutuhan si kucing Maine Coon, maka kamu akan mendapatkan balasan cinta dan juga kesetiaan. Si kucing juga akan nyaman tinggal bersama kamu.

Irma Deistya Pecinta kucing yang dulunya takut kucing, Kemudian mulai memberanikan diri dan akhirnya jatuh cinta terlalu dalam ke dunia perkucingan

Kucing Anggora

Irma Deistya
9 min read

Jenis-Jenis Kucing

Irma Deistya
45 min read

Kucing Himalaya

Irma Deistya
12 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *