Irma Deistya Pecinta kucing yang dulunya takut kucing, Kemudian mulai memberanikan diri dan akhirnya jatuh cinta terlalu dalam ke dunia perkucingan

Kucing Anggora

Kucing Anggora 3

Kucing Anggora

Okee pawrents, kali ini aku mau ngebahas tentang si manis dan si kepo maksimal siapa lagi kalo bukan …….. *jengjengjeeenggggg* yaaappp betulll kucing anggora atau angora atau bisa disebut juga Turkish Angora.

Kita juga bakal tau dari mana sih asal si Kepo dan langka ini berasal, karakternya, dan juga tentang kesehatannya.

Passsss banget nih buat kamu yang lagi bertanya-tanya gimana cara mengidentifikasi kucing anggora, apakah kucing jenis ini cocok buat kamu, baca terus ajaa yaa genks biar kamu tau segala hal tentang si mpuss jenis ini.

Baca juga referensi nama kucing anggora terlengkap dari kami.

Apa sih Kucing Anggora?

Kucing anggora termasuk ras kucing tertua di dunia yang popularitasnya naik-turun selama beberapa ratus tahun terakhir.

Kucing Anggora 2

Kucing anggora umumnya memiliki bulu berwana putih, tapi bisa aja warna lain misalnya kucing anggora hitam atau kucing anggora abu-abu yang biasanya hanya di bagian kepala atau ekornya aja.

Ciri fisik kucing anggora yaitu berbadan ramping dan cukup panjang serta ukuran badannya yang termasuk medium.

Kucing anggora diperkirakan berasal dari daerah pegunungan di Turki yang berevolusi dari kucing pallas liar.

Kucing anggora dicirikan memiliki kulit yang lebih bagus daripada kucing jenis lainnya dan memiliki bulu yang super lembut sehingga menjadi proteksi bagi si kucing anggora dari iklim keras dari daerah asalnya.

 

Ciri-Ciri Kucing Anggora

Kucing anggora terkenal karena memiliki bulu yang panjang, halus, sampai-sampai kita melihatnya seperti berkilauan saat dia berjalan lho *jangan lupa siapin kaca mata yaah biar nggak silau men 😛 . Panjang bulunya bervariasi, bulu terpanjangnya di sekitar lehernya, britches (pakaian bawah) di kaki belakang bagian atas dan ekornya lebih berbulu.

Kamu pasti mengira kalau kucing anggora cuman warna putih, tapi ternyata ada lho kucing anggora warna solid lainnya seperti tortoiseshell, tabby, calico, atau pola lainnya.

Kucing Anggora

Di bawah bulunya yang panjang terdapat tubuh yang kuat, panjang, dan berotot. Kucing anggora juga memiliki kaki yang panjang, kaki belakang yang lebih panjang daripada kaki depannya dengan cakar yang kecil, bulat, dan mungil dilengkapi dengan juntaian bulu di antara jari-jari kakinya.

Ekor kucing anggora berbentuk runcing, dari pangkal lebar ke ujung menyempit.

Bentuk kepala kucing anggora seperti pasak (meruncing ke bawah), berukuran kecil hingga sedang, dengan telinga yang besar yang menjulang tinggi di kepala, dan dilengkapi dengan untaian bulu.

 

Sejarah Kucing Anggora

Tidak seperti ras kucing lainnya yang buatan manusia, kucing anggora adalah kucing alami yang berasal dari kota Ankara di Turkiyang nama sebelumnya adalah Angora pada abad ke 15 . Tidak ada yang tahu pasti asal usul kucing ini, tetapi diyakini berasal dari kucing liar afrika yang memiliki bulu panjang dan halus dari hasil mutasi genetik spontan.

Terlepas dari cerita-cerita ini, ada cerita teladan Nabi Muhammad SAW yang begitu menyayangi kucingnya yang bernama Mueeza sampai-sampai Nabi Muhammad SAW rela memotong lengan bajunya agar tidak mengganggu tidur kucing kesayangannya itu.

Kucing Anggora 1

Referensi tertulis yang paling awal dari kucing anggora berasal dari Perancis pada abad ke 16, lalu kucing anggora mulai diterima di Inggris dan Perancis. Pada abad ke 17, kucing anggora mulai di impor ke Amerika.

Kucing anggora mulai dipamerkan secara luas pada abad ke 19, sehingga membuat para breeder Persia mulai mengawinkan antara kucing persia dan anggora. Karena program ini, mengakibatkan populasi kucing anggora menurun drastis dan menjadikan kucing anggora sebagai harta karun Turki.

Setelah kejadian ini, pemerintah Turki langsung membuat program penyelamatan populasi kucing anggora di kebun binatang Ankara untuk melestarikannya.

Selama tahun 1950an, tentara Amerika yang ditugaskan di Turki melihat kucing anggora di kebun binatang dan hendak membawa pulang ke negara asalnya. Meskipun pada awalnya pihak kebun binatang ragu-ragu tapi akhirnya si Kolonel dan Walter Grant diberikan 2 ekor kucing anggora.

2 kucing tersebut menjadi awal program breeding kucing anggora di Amerika. Tahun-tahun selanjutnya jadi semakin banyak orang Amerika yang membawa kucing anggora dan menyebarkannya di Amerika Serikat.

Selama berabad-abad, kucing dijadikan souvenir menarik bagi penjajah atau turis yang mengunjungi Turki dan mungkin menjadikan kucing anggora sebagai kucing pertama di Eropa yang berbulu lebat. Teori lain mengatakan bahwa kucing anggora dibawa oleh Viking dari seribu tahun lalu.

CFA (the Cat Fanciers Association) mulai mendaftarkan kucing anggora putih di tahun 1968, namun kucing anggora warna lainnya tidak terdaftar sampai tahun 1978. Saat ini kucing anggora telah diterima secara luas di dunia.

Tapi belakangan ini kucing anggora telah menjadi kucing yang langka.

 

Kucing Anggora VS Kucing Van

Kamu pasti mengira kalau kucing anggora dan kucing van itu sama. Sebenarnya, kucing anggora dan kucing van itu beda keturunan, tapi nggak menutup kemungkinan juga kalau mereka berkerabat dekat.

Kucing Van
https://id.wikipedia.org/wiki/Van_turki

Kucing van Turki memiliki bulu utama putih serta pada bagian ekor dan kepalanya lebih berwarna.

Kucing van memiliki struktur tulang yang lebih besar daripada kucing anggora. Uniknya, kucing van tidak sepenuhnya tumbuh sampai usia 4 sampai 5 tahun.

 

Ukuran Kucing Anggora

Kucing anggora termasuk jenis kucing berukuran kecil sampai sedang. Rata-rata berat badan kucing ini 2.5 kg sampai 4.5 kg.

Kucing Anggora 3

Kucing anggora jantan biasanya sedikit lebih besar dan lebih berat daripada kucing anggora betina.

 

Warna Kucing Anggora

Kucing anggora terkenal memiliki bulu yang panjang, halus, dan juga berkilauan saat berjalan di kerajaannya alias di rumah kamu! 😀

Warna kucing anggora yang paling disukai para pecinta kucing biasanya berwarna putih.

Tapi kucing anggora nggak hanya berwarna putih aja nih genks, ada juga kucing anggora hitam, kucing anggora abu-abu, kucing anggora cream, dan lainnya.

Kucing Anggora 3

Bulu di kucing anggora juga bisa tortoiseshell, tabby, dan calico.

Bentuk mata kucing anggora seperti almond yang sedikit miring ke atas dengan variasi warna hijau, biru, emas, dan kuning.

Tapi ada juga kucing anggora yang memiliki 2 warna di mata mereka yang kita sebut dengan odd eye.

 

Perawatan Kucing Anggora

Ternyata nggak cuman manusia genks yang kalo males sikat gigi bisa bikin gigi cenat-cenut tiap ada kamu *plakkk malah nyanyi pulaakk* kucing juga bakal rentan sakit periodontal kalau nggak menjaga kebersihan giginya dengan benar. Idealnya sih menyikat gigi kucing tiap hari genks, tapi kita mesti minimal sikat gigi si meong seminggu sekali supaya gigi si mpuss bisa melakukan aksi senyum pepsodent 😀

Kamu juga harus periksa kebersihan telinga kucing kamu dari kotoran dan infeksi seminggu sekali. Kalau telinga kucing kamu kotor, kamu bisa membersihkannya menggunakan kain jangan pake cotton bud yaah genks karena bisa merusak struktur telinga dalam.

Cara membersihkan telinga kucing menggunakan cotton ball atau kapas lalu basahi menggunakan campuran air hangat dan cider vinegar dengan perbandingan 50:50 yaah genks.  Kalau kucing kamu mengeluarkan bau nggak sedap atau telinganya kemerahan, segera bawa ke dokter yaa! karena ini ciri-ciri umum infeksi telinga.

Kucing Anggora 4 1

Kalau di bagian mata kucing kamu ada kotoran, kamu bisa membersihkannya dengan kain juga yaah genks, bagusnya pakai kain yang berbeda ketika membersihkan mata 1 nya lagi yaa biar mata si mpuss terhindar dari infeksi.

Seperti yang udah aku bahas sebelumnya kalau si kocheeng ini tuh aktifff banget, jadi usahakan kamu bermain dengan kucing kamu selama 15 sampai 30 menit sehari yaah genks supaya hubungan kamu sama si mpuss makin akrab dan pastinya juga menyalurkan energinya yang banyak itu.

Jangan lupa sering bersihkan litter box kucing kamu yaah genks supaya menjaga bulunya tetap bersih.

Baiknya juga si mpuss ini jangan dibiarkan berkeliaran bebas di luar yaah genks karena dikhawatirkan tersesat, terluka, atau bahkan dicuri..

 

Grooming dan Shedding Kucing Anggora

Kamu pasti pas ngeliat kucing anggora bawaannya tuh pengen potong aja itu bulunya saking panjangnya atau mungkin kamu mengira kalau kucing anggora pasti menderita dengan bulu panjangnya itu.

Faktanya nggak begitu genks. Malahan bulu kucing anggora belum tumbuh sempurna sampai dia berumur 2 tahun lho.

Bulu kucing mewah satu ini ternyata nggak punya lapisan bawah yang bikin bulu si kucing kusut bahkan rontok. Malahan bulunya ini mudah dirawat lho genks!

Kucing Anggora 4

Kamu bisa menjaga bulu kocheng ini supaya tetap bagus dengan menyisir atau menyikatnya seminggu sekali. Dan yang lebih mengejutkan lagi si mpuss ini nggak banyak rontoknya.

Nggak seperti kucing berbulu lebat lainnya, kuching anggora nggak mengalami masa kerontokan bulu.

Kalau kamu ngelihat kucing kamu bulunya rontok lebih banyak dari biasanya, kamu tinggal menyikat atau menyisirnya seminggu 2 kali.

 

Kepribadian Kucing Anggora

Temen bulu kita yang satu ini termasuk kucing yang aktif dan energik serta mudah bosan, jadi kita harus punya banyak mainan supaya si kochengg terhibur dan biarkan dompet kita yang menjerit 😀

Buntelan bulu ini senang mengikuti kamu berkeliling trus kamu ngajak dia main supaya fokus kamu ke dia. Kegiatan favorit si mpuss ini senang ngeliatin kamu beraktivitas juga lho.. Ihiwww ternyata ada yang perhatian juga kan ke kamu..

Kucing Anggora 4

Kocheng anggora juga usil dan termasuk orang yang kepo maksimal macem lambe turah juga lho genks!

Kalau biasanya kucing paling takut kena air, lain cerita sama kucing anggora.. dia paling senang berenang dan bermain di air. Jadi kamu jangan kaget yaa kalo tiba-tiba kucing kamu ikut kamu berendam 😛

 

Kesehatan Kucing Anggora

Kucing jenis apapun pasti tak luput dari ancaman gangguan kesehatan.

Sama seperti ras kucing lainnya, kucing anggora juga rentan penyakit yang diwarisi dari orangtuanya.

Kucing Anggora 2

Jadi, kalau kamu beli anak kucing anggora pastikan untuk membelinya di breeder terpercaya yang bisa memberikan kamu jaminan kesehatan.

Kucing anggora termasuk kucing yang cukup sehat, namun kamu tetap perlu ketahui beberapa kondisi kesehatan yang membuat kucing kamu jadi rentan.

 

Gangguan Pendengaran

Beberapa kucing anggora putih dengan mata biru mungkin rentan tuli karena cacat genetik.

Walaupun kucing bisa tetap akrab sama kita meskipun tanpa pendengaran, kucing tuli maupun kucing setengah tuli bisa membahayakan jika berkeliaran di luar.

Untuk alasan ini, kucing anggora lebih baik “di-indoorkan”, kecuali kalau kamu punya taman di dalam rumah yang aman bagi si kucing bermain.

Kalau kamu memutuskan untuk mengadopsi kucing anggora putih bermata biru, sebaiknya kamu membawanya terlebih dahulu ke dokter hewan untuk diperiksa apakah kucing yang akan kamu adopsi tuli.

 

Hypertropic Cardiomyopathy

Beberapa kucing anggora mungkin menderita penyakit jantung yang disebut kardiomiopati hipertrofi. Ini merupakan gangguan yang umum terjadi pada ras kucing, termasuk kucing anggora.

Kondisi ini akan menyebabkan penebalan pada otot jantung sehingga mengurangi harapan hidup si kucing.

Beberapa breeders mengaku bahwa mereka hanya mengembangbiakkan kucing anggora yang garis keturunannya tidak menderita penyakit ini.

Tapi, tetap aja ini juga nggak menjamin dan tidak ada juga yang bisa memastikan bahwa kucing mereka terbebas tidak akan mengalami kondisi ini.

Satu-satunya cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui kucing kamu sakit kardiomiopati hipertrofi apa tidak adalah dengan membawanya ke dokter hewan yang kompeten lalu melakukan skrining.

 

Ataxia

Ataksia merupakan gangguan neuromuskuler fatal yang menyerang anak kucing anggora usia 2 hingga 4 minggu. Skrining awal adalah langkah terbaik sehingga bisa mengurangi kejadian ataksia.

 

Rentang Hidup Kucing Anggora

Kalau akhirnya kamu memutuskan untuk mengadopsi kucing anggora di rumah kamu dan berharap si kocheng bisa mengabdikan diri sebagai ART kamu selama 13 sampai 15 tahun maka kamu salah genks.

Karena beberapa kucing anggora ternyata bisa hidup selama 20 tahun!

Kucing Anggora 1 1

Pastinya, memberikan makanan yang bergizi, rajin berolahraga, memberikannya vaksin rutin dan pemeriksaan dokter hewan bisa memperpanjang rentang hidupnya.

Sebenarnya kucing rumahan cenderung lebih lama masa hidupnya ketimbang kucing luar ruangan, karena kucing luar ruangan rentan terhadap bahaya lalu lintas, dan hewan pemangsa, oleh sebab itu rentang hidupnya lebih pendek.

 

Makanan dan Nutrisi Kucing Anggora

Makanan untuk kucing anggora sangat bergantung pada usia, jenis kelamin, dan tingkat aktivitasnya. Kalau kamu tidak begitu yakin mau memberikan makan kucing kamu seberapa banyak, kamu bisa melihatnya di panduan makan di kemasan makanan kucing anggora favorit kamu, atau kamu juga bisa menanyakannya ke dokter hewan.

Kucing Anggora 2 1

Memberikan makanan yang berlebihan buat kucing kamu juga tidak baik karena bisa menyebabkan obesitas sehingga bisa menimbulkan penyakit lainnya. Jadi, penting buat kamu untuk menjaga makannya sehat dan seimbang untuk kucing anggora kamu.

 

Anak Kucing Anggora

Jadiiii, setelah kita bahas panjang lebar tentang kucing anggora, apa yang kamu bayangkan setelah kamu mengadopsi anak kucing anggora ke rumah kamu?

Anak kucing anggora itu nakal, energetik, aktif, dan tentunya cerdas!

Anak kucing anggora senang menghabiskan waktu bersama pawrentsnya dan akan mengikuti kamu di sekitar rumah supaya kamu mengajaknya bermain dan membuat rumah kamu berantakan 😀

Kucing ini bukan termasuk kucing yang akan meringkuk terus-menerus sepanjang waktu, melainkan jenis kucing yang memiliki semangat bebas!

 

Tips Memilih Anak Kucing Anggora

Saat kamu hendak mengadopsi anak kucing anggora kamu bisa mengadopsinya dari breeder terpercaya yang memiliki reputasi baik.

Kucing Anggora 3 1

Pilih anak kucing anggora yang memiliki telinga dan mata yang jernih. Jika anak kucing anggora bermata biru maka kamu harus pastikan pendengarannya baik.

Anak kucing anggora yang kamu hendak adopsi haruslah ramah, aktif, ingin tahu, dan siap untuk diajak bermain.

Jika ada anak kucing anggora yang terlihat lesu, tidak tertarik pada sekitar, atau mengeluarkan cairan seperti susu di hidung atau matanya lebih baik jangan kamu pilih yaa genks.

 

Harga Kucing Anggora

Kucing anggora asli termasuk jenis kucing anggora yang langka, sehingga kita akan kesulitan mendapatkan kucing anggora asli.

Harga kucing anggora asli pasti bakal menjadi hal mengejutkan bagi pemilik yang baru mau mengadopsi jenis kucing luar biasa ini.

Kucing Anggora 1

Kisaran harga untuk kucing anggora mulai dari 9 juta rupiah hingga mencapai 40 juta rupiah bahkan bisa lebih!

Biaya perawatan kucing anggora akan bervariasi tergantung dari jenis kelamin, warna, silsilah keluarga, dan status kejuaraan lomba orangtua kucing anggora kamu.

Penting juga bagi kamu sebelum membeli kamu harus memastikan apa aja yang termasuk dalam harga yang harus kamu keluarkan untuk anak kucing yang mau kamu adopsi.

Biasanya, harga yang kamu bayarkan itu sudah termasuk asuransi kesehatan kucing selama 6 hingga 12 bulan, biaya steril kucing, dan pelatihan membiasakan kucing kamu.

Jangan lupa kamu juga harus meminta dokumen lengkap silsilah kucing kamu yaa genks!

Di Indonesia sendiri lebih banyak kucing anggora campuran sehingga harganya tidak semahal harga kucing anggora asli.

 

Kedekatan Kucing Anggora dengan Anak-Anak dan Hewan Peliharaan Lainnya

Kucing anggora yang telah diajarkan bersosialisasi dengan baik akan merasa nyaman dengan anak-anak dan juga menjadi pilihan yang terbaik bagi keluarga sebagai pengawas anak-anak kamu. Bahkan ada aksi viral seekor kucing yang telah menyelamatkan bayi ketika si bayi hendak mendekati sebuah tangga. *big applause for this hero*

Kucing Anggora 3 1

Jangan lupa untuk ajarkan ke anak kamu supaya jangan menarik-narik bulu atau ekor si kucing yaah, karena khawatir si kocheeng berubah jadi godzilla 😀

Kucing juga bisa hidup berdampingan dengan anjing rumahan lho genks, tapi teteup si kochengg ini harus jadi pemimpin yang berkuasa di dalam rumah 😛 kita mah apa atuh cuman pembantu si kocheenggg. 

Jangan lupa juga untuk perkenalkan hewan peliharaan lain secara perlahan yaah supaya tidak ada perang dunia ke 3 di dalam rumah kamu 😀

 

Apakah Kucing Anggora Cocok untuk Kamu?

Yang harus kamu ingat selalu adalah kucing anggora merupakan jenis kucing anggora yang tidak biasa karena memiliki kepribadian yang sangat individual yang mungkin tidak cocok untuk semua orang.

Kucing Anggora 6

Kalau kamu mencari anabul (anak bulu) yang aktif, mudah bergaul, tingkat keponya maksimal, dan selalu maunya nempeeelll terus sama kamu maka kucing anggora adalah jenis kucing yang pas buat temen kamu di rumah.

Kamu juga harus ingat, kucing anggora putih dengan mata biru bisa mengalami masalah pendengaran, jadi kamu perlu sediakan tempat bermain si kucing supaya dia tetap aman dan jauh dari bahaya.

 

Penutup

Nahhh gimana genks penjelasan dari aku tentang kucing anggora ini? Semoga bisa menambah informasi buat kamu yaa…

Coba ceritakan dong pengalaman kalian dengan kucing anggora kalian di komen yaah, kenakalan-kenakalan apa aja yang diperbuatnya..

Kalau kucing aku dia pernah menjebol kawat nyamuk di atas pintu rumah aku supaya bisa keluar, nyebelin sih emang karena jadi nambah-nambah kerjaan di rumah tapi tetep nggak bisa bikin aku marah yang ada aku malah ketawa karena kejeniusan kucing aku itu.. 😀

Irma Deistya Pecinta kucing yang dulunya takut kucing, Kemudian mulai memberanikan diri dan akhirnya jatuh cinta terlalu dalam ke dunia perkucingan